Sabtu, 01 Agustus 2009

kelebihan dan kelemahan dokumentasi

Metode dokumentasi sebagai metode pengumpulan data mempunyai beberapa kelebihan, yaitu:

1. Metode ini dapat memberikan gambaran berbagai informasi tentang siswa pada waktu yang sudah lampau (yang direkam atau didokumentasikan)

2. Berbagai informasi tentang siswa tersebut merupakan bahan kajian yang dapat menghubungkan keadaan siswa dengan masa lauinya, apakah keadaan sekarang disebabkan oleh hal yang sudah lalu atau tidakkah

3. Metode ini dapat merekam berbagai jenis data tentang siswa: identitas siswa, identitas orang tua, keadaan dan latar belakang keluarga, lingkungan sosial, data psikis, prestasi belajar, data pendidikan dan data kesehatan jasmani, dan sebagainya.

Dari data dokumentasi di atas yang menjadi data pokok dari peneliti adalah dokumentasi untuk melengkapi data yang dapat dipertanggung- jawabkan.

Selain memiliki kelebihan, metode dokumentasi juga mempunyai kelemahan - kelemahan, yaitu:

1. Pencatatan dalam dokumen perlu disikapi dengan kritis, apakah pencatatan yang dilakukan terhadap siswa valid ataukah tidak.

2. Jika ada pencatatan yang tidak lengkap karena sesuatu hal, disengaja atau tidak disengaja, penggunaan dokumen dapat menyesatkan dalam memahami siswa.

Upaya-upaya mengatasi kelemahan dalam dokumentasi yaitu :

1. Seorang peneliti harus jeli dan teliti ketika mencatat dalam dokumen sehingga kesalalahan dalam penulisan data yang bisa menyesatkan bisa terhindari.

Dalam penulisan data harus dievaluasi terlebih dahulu agar apabila menemukan kesalahan penulisan ataupun mendokumentasikan data diperbaiki sebelum dipublikasikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar